Selasa, 20 November 2018

Asal Usul Penamaan Bika Ambon

Kalian pasti kenal sama yang namanya kue bika ambon, tapi ternyata bika ambon bukan berasal dari Ambon ya melainkan dari Medan. mau tau kisahnya? baca selanjutnya ok!


Awalnya, pemberian nama bika ini terinspirasi dari kue khas Melayu yaitu bika atau bingka. Lambat laun terdapat perubahan dalam bahan dasar pembuatan kue ini. Seperti dengan ditambahkannya pengembang kue berbahan nira atau tuak enau, sehingga kue bika yang sekarang ini berbeda dengan bika khas Melayu.
Nah, ada dua versi cerita tentang asal-usul penambahan kata “ambon” pada nama kue ini. Pertama, karena kue ini pertama kali dijual dan menjadi populer di simpang Jalan Ambon, Sei Kera, Medan, maka diberi nama bika ambon.
Cerita kedua mengatakan “ambon” artinya lembut, yang diambil dari bahasa Medan. Pantas saja ya, diberi tambahan nama “ambon”, karena tekstur kue ini memang lembut.
Sampai sekarang, belum ada yang bisa memastikan cerita mana yang benar dalam penamaan kue bika ambon. Satu yang pasti, kue bika ambon bukan berasal dari Maluku ya, Inspirator!
cek di  situs asli nya ya, ini hanya untuk tugas sekolah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asal Usul Penamaan Bika Ambon

Kalian pasti kenal sama yang namanya kue bika ambon, tapi ternyata bika ambon bukan berasal dari Ambon ya melainkan dari Medan. mau tau kis...